Langsung ke konten utama

Laptop Professional Budget Terbatas : Lenovo V-130 14IKB

 


Halo semuanya, pada kali ini saya ingin berbagi pendapat saya mengenai laptop yang menemani kinerja saya sejak bulan Februari 2020.


Masa pandemi covid-19 membuat semua hal harus dilakukan dari rumah, termasuk belajar dan bekerja sekalipun. Hal ini secara tidak langsung membuat masyarakat mau tidak mau mencari laptop sebagai sarana penunjang beraktifitas dari rumah.


Saya mempunyai tiga laptop (InsyaAllah akan saya review satu per-satu setelah ini), dimana laptop terbaru dalam jajaran perlaptopan saya adalah laptop Lenovo V-130 14IKB. Laptop seri ini merupakan laptop Lenovo yang masuk pada lini bisnisnya. Oh iya, laptop yang saya review ini memiliki SKU 14IKB ya, jadi kalau kalian ingin membelinya atau sedang mencari laptop tolong agar SKUnya dicek agar tidak salah.


Saya bisa katakan kalau laptop ini memiliki segudang kejutan bagi penggunanya. Mau tahu apa alasannya? Yuk kita bahas satu persatu.


  1. Desain

Untuk desain, Lenovo V-130 dapat saya katakan terlalu biasa, bahkan cenderung ketinggalan zaman. Hal ini dikarenakan laptop ini memiliki dimensi yang cukup besar, warna hitam polos, berbentuk kotak sempurna dan cenderung agak tebal untuk ukuran laptop di tahun 2020. 


Selain itu, kami mengakui bahwa laptop ini cukup berat ketimbang lini laptop Lenovo lainnya (kecuali kalau dibandingkan dengan Lenovo Thinkpad atau Lenovo seri ‘Y’ ya). Hal ini juga diperparah oleh bezel yang ada di layar cukup lebar untuk spesifikasi laptop harian.


Kemudian kalau kita bicara tekstur pada body laptop ini, sekelilingnya dihiasi oleh guratan-guratan halus seperti pada bantalan anti licin (ya, memang benar sih nggak licin kalau digunakan). Guratan ini ada di sekujur body laptop dan ada sedikit pemanis berupa embos merk Lenovo di bagian ujung kanan atas laptop ini.


Ya, dapat disimpulkan kalau desain dari laptop ini sudah cukup mendukung gendre laptop ini yaitu ‘laptop bisnis’, menurut saya Anda akan terlihat profesional apabila menenteng laptop ini ke cafe atau working space.


  1. Spare Part

Oke, selanjutnya saya akan membahas mengenai spare part laptop ini. Laptop menarik ini menurut saya overspek apabila dibandingkan dengan harganya, karena selain sudah menggunakan SSD, laptop ini juga menggunakan RAM dengan kecepatan yang mumpuni. Sehingga dalam kondisi standar sekalipun laptop ini sudah bisa diajak ‘berjuang’ untuk melaksanakan aktivitas cukup berat seperti editing 2D, video call, apalagi kalau hanya digunakan untuk microsoft office dan email.


Selain itu, laptop ini (khususnya yang SKU 14IKB) menggunakan intel celeron 3867U, dimana sepengetahuan saya laptop ini cukup kencang karena otak laptopnya merupakan turunan ‘core’ dari intel.


Jadi, saya bisa akui laptop ini sangat kencang untuk penggunaan sehari-hari.


  1. Kenyamanan Kalau kita bahas sektor kenyamanan, laptop ini menurut saya sangat nyaman untuk digunakan. Nyaman disini dikarenakan beberapa hal.

  • Keyboard laptop lenovo sudah teruji kenyamanannya dalam mengetik, ini saya akui karena dari link laptop yang saya miliki, laptop merk lenovo memiliki keyboard yang sangat nyaman untuk digunakan.

  • Lenovo V-130 memiliki penutup kamera manual dengan metode geser, dimana ini sangat beguna apabila Anda khawatir kalau laptop Anda dihack orang.

  • Keyboard pada laptop ini memiliki kemampuan tahan air dimana fitur ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang sering berkeringat atau agak ceroboh dalam memakai laptop.


  1. Slot Upgrade

Nah, ini hal yang cukup menarik di laptop dengan harga segini, dimana menurut saya laptop ini memiliki slot-slot kosong yang bisa digunakan untuk mengupgrade performa keseluruhan. Salah satu slot yang sangat saya sukai adalah adanya slot RAM kosong yang bisa diisi hingga 16GB RAM dan juga ada slot SATA kosong yang bisa digunakan untuk menambah HDD atau SSD (Tentu saya menyarankan Anda untuk mengupgrade SSD ketimbang menambahkan HDD).


  1. Keunggulan

Kita sampai pada kesimpulan keunggulan laptop ini, antara lain :

  • Menggunakan SSD dan RAM yang berkualitas baik

  • Harga terjangkau

  • Tahan cipratan air

  • Upgradeable

  • Ada penutup kamera

  • Garansi bisa diperpanjang


  1. Harga

Laptop ini dibanderol dengan harga 3.800.000 (sudah dengan Windows 10 Original dan Microsoft Office original)


Mungkin itu yang bisa saya bagikan, terima kasih sudah mampir di blog saya :)


Salam,

Nagawati Limantara, C.MAI., C.MMI., C.FH., C.STMI*., C.PS*.

Certified Master of Author Indonesia

Certified Master of Motivator Indonesia

Certified Fundamental Hypnosis

Certified Sekolah Trainer dan Motivator Indonesia*

Certified Public Speaking*


(*) dalam proses